Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tunangan?

Akhirnya tangal 20 Desember 2017 tiba, hari yang sebelumnya sudah ditentukan untuk hari tunangan saya dan Mas Ganang. Acara ini hanya diketahui oleh keluarga inti dan tetangga dekat saja. Bahkan teman-teman saya tidak ada yang tahu. :-D

Sebenarnya untuk acara tunangan ini tidak ada semacam konsep, hanya ingin acara ini berlangsung sederhana namun tetap terdokumentasi untuk kenang-kenangan. Sebenarnya saya sendiri agak bingung kemarin itu acara tunangan atau tunangan & lamaran. :-D

Inilah FAQ terkait acara tunangan kemarin :
1.       Kepan?
Tanggal 20 Desember 2017 jam 16.00 – 17.30 WIB.
2.       Acaranya seperti apa?
Perkenalan keluarga, kulo nuwun dari pihak pria kepada perangkat desa (RT, RW & Dukuh) dan prosesi memakai cincin. Pada acara ini disampaikan juga maksud kedatangan rombongan pihak pria bahwa ingin meminang saya, kemudian diterima.
3.       Apa saja yang di bawa pihak pria?
Waktu itu Mas Ganang membawa sepaket perhiasan yang terdiri dari sepasang cincin, gelang dan kalung + liontin dengan batuan biru favoritku. Hihihi. Kemudian ada roti, gula, teh dan kopi.
4.         Kenapa tidak bawa seserahan sekalian?
Saya memang request ke Mas Ganang seserahan sekalian dibawa saat akad saja supaya dapat terdokumentasi dengan baik.
5.       Langsung menentukan tanggal?
Iya. Sebelum tanggal 20 Desember 2018 keluarga saya sudah rembukan untuk menentukan tanggal pernikahan kami. Karena kami orang Jawa, maka orang tua mencari tanggal “bagus” tersebut dengan perhitungan Jawa. Awalnya jatuh pada tanggal 9 September 2018 (9-9-18) tapi setelah diskusi lebih lanjut dengan pihak pria mengenai tanggal yang lebih “baik” maka ditetapkan jadi tanggal 18 Agustus 2018 (18-8-18).
6.       Memang sengaja cari tanggal cantik?
Enggak. Tanggal pure di tentukan orang tua sesuai perhitungan Jawa tadi. Saya hanya request harinya jatuh di weekend, syukur-syukur long weekend supaya keluarga besar bisa datang semua. Alhamdulillah disepakati tanggal pernikahan di Hari Sabtu, long weekend dan tanggal cantik pula yaitu 18/ 8/ 18.
7.       Rundown acaranya?
-          Keluarga pihak  pria perjalanan menuju rumah saya
-          Sambutan sekaligus ramah tamah menikmati snack dan minuman yang sudah di sediakan
-          Pembukaan dan sambutan sekaligus menanyakan maksud kedatangan keluarga. Kemarin diwakili oleh Ibu Dukuh.
-          Pemaparan wakil pihak pria akan maksud dan kedatangan.
-          Jawaban dari pihak saya dilanjutkan prosesi memakai cincin.
-          Penutupan dan doa
-          Makan malam
Penting sekali untuk mengurus PIC dalam setiap detail acara ini ya. Misalnya yang ngasih sambutan siapa, yang bertanggungjawab konsumsi siapa dan lain-lain. Jangan sampai mendadak juga mengundang Pak RT, RW, Dukuh dan warga sekitar (magersari).
8.       Catering darimana?
Saya tidak memakai catering untuk acara tunangan ini. Snack 2 item yaitu puding dan kletikan pesan, lemper membuat sendiri. Sedangkan untuk makan malam semuanya masak sendiri yaitu nasi dan opor ayam.
(FYI, pada acara tunangan kami tidak ada MC dan tidak ada hiburan)


Nah jika di atas merupakan hal-hal pokok terkait acara, pada bagian ini saya akan menjawab FAQ mengenai persiapan lain di luar acara tersebut :
1.       Baju
Karena ukuran tubuh saya, saya sering membuat baju sendiri ke tukang jahit supaya lebih pas. Beberapa kali juga membuat baju couple dengan Mas Ganang, termasuk baju yang saya pakai tunangan kemarin. Sebenarnya ada 2 baju yang menjadi pilihan waktu itu, coklat tua dan dominasi batik putih, baju satunya yang saya pakai di acara tunangan ini.
2.       Dekorasi
Acara tunangan saya diadakan di ruang tamu, tanpa dekorasi sama sekali bahkan hanya pakai tikar. Hehehe. Saya hanya membuat dekorasi untuk foto menggunakan kain gorden putih milik Ibu saya. Kemudian lampu-lampu yang di bawa fotografer.
3.       Dokumentasi
Acara tunangan diabadikan teman SMP saya dari Pose photo. Hanya foto saja, tanpa video.
4.       Hand Bouquet
Saya pesan hand bouquet 1 hari sebelum acara di Sekar Mulya Florist Kotabaru. Saya memilih sendiri bunga-bunganya, tentu saja fovorit saya yaitu bunga matahari, lili putih dan mawar putih, sedangkan bunga lainnya hanya pelengkap saja. Untuk warna bunga, kertas dan pita pembungkus saya sesuaikan dengan baju dan nuansa dekorasi photobooth.
5.       Make up
Karena tidak ahli dalam make up, saya memilih MW make up by Mbak Magdalena Widie. Make up simpel yang agak pink-pink di wajah.
6.       Tempat perhiasan
Satu hal yang menjadi perhatian dari acara tunangan saya adalah tempat perhiasan yang unik, di buat sahabat saya Menikah Denganku. Tempatnya berbahan rotan, ada tempat cincin dari kayu, tempat gelang dari kayu juga papan tempat kalung bertuliskan nama kami. Hiasan lain seperti daun dan buah pinus kering juga turut menghiasi. What a beautiful!

Sesederhana apapun acaramu tetap butuh perencanaan ya teman-teman. Supaya berjalan lancar dan berkesan. Once in lifetime kan? :-D

Berikut saya share beberapa foto tunangan. Sengaja saya taruh di bawah supaya fokus baca cerita di atas. Hihihi


Foto mainstream pakai cincin



You Might Also Like

1 komentar

  1. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE RP.5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!

    ReplyDelete