Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tunangan?
Sebenarnya untuk acara tunangan ini tidak ada semacam
konsep, hanya ingin acara ini berlangsung sederhana namun tetap terdokumentasi
untuk kenang-kenangan. Sebenarnya saya sendiri agak bingung kemarin itu acara
tunangan atau tunangan & lamaran. :-D
Inilah FAQ terkait acara tunangan kemarin :
1. Kepan?
Tanggal 20 Desember 2017 jam 16.00 – 17.30 WIB.
2. Acaranya seperti apa?
Perkenalan keluarga, kulo nuwun dari pihak pria kepada perangkat desa
(RT, RW & Dukuh) dan prosesi memakai cincin. Pada acara ini disampaikan
juga maksud kedatangan rombongan pihak pria bahwa ingin meminang saya, kemudian
diterima.
3. Apa saja yang di bawa pihak pria?
Waktu itu Mas Ganang membawa sepaket perhiasan yang terdiri dari sepasang
cincin, gelang dan kalung + liontin dengan batuan biru favoritku. Hihihi. Kemudian
ada roti, gula, teh dan kopi.
4.
Kenapa tidak bawa seserahan sekalian?
Saya memang request ke Mas Ganang seserahan sekalian dibawa saat akad
saja supaya dapat terdokumentasi dengan baik.
5. Langsung menentukan tanggal?
Iya. Sebelum tanggal 20 Desember 2018 keluarga saya sudah rembukan untuk
menentukan tanggal pernikahan kami. Karena kami orang Jawa, maka orang tua
mencari tanggal “bagus” tersebut dengan perhitungan Jawa. Awalnya jatuh pada
tanggal 9 September 2018 (9-9-18) tapi setelah diskusi lebih lanjut dengan
pihak pria mengenai tanggal yang lebih “baik” maka ditetapkan jadi tanggal 18
Agustus 2018 (18-8-18).
6. Memang sengaja cari tanggal cantik?
Enggak. Tanggal pure di tentukan orang tua sesuai perhitungan Jawa tadi. Saya hanya request harinya jatuh di weekend, syukur-syukur long weekend supaya keluarga besar bisa datang semua. Alhamdulillah disepakati tanggal pernikahan di Hari Sabtu, long weekend dan tanggal cantik pula yaitu 18/ 8/ 18.
Enggak. Tanggal pure di tentukan orang tua sesuai perhitungan Jawa tadi. Saya hanya request harinya jatuh di weekend, syukur-syukur long weekend supaya keluarga besar bisa datang semua. Alhamdulillah disepakati tanggal pernikahan di Hari Sabtu, long weekend dan tanggal cantik pula yaitu 18/ 8/ 18.
7. Rundown acaranya?
-
Keluarga pihak pria perjalanan menuju rumah saya
-
Sambutan sekaligus ramah tamah menikmati snack
dan minuman yang sudah di sediakan
-
Pembukaan dan sambutan sekaligus menanyakan
maksud kedatangan keluarga. Kemarin diwakili oleh Ibu Dukuh.
-
Pemaparan wakil pihak pria akan maksud dan
kedatangan.
-
Jawaban dari pihak saya dilanjutkan prosesi
memakai cincin.
-
Penutupan dan doa
-
Makan malam
Penting sekali untuk mengurus PIC
dalam setiap detail acara ini ya. Misalnya yang ngasih sambutan siapa, yang
bertanggungjawab konsumsi siapa dan lain-lain. Jangan sampai mendadak juga
mengundang Pak RT, RW, Dukuh dan warga sekitar (magersari).
8. Catering darimana?
Saya tidak memakai catering untuk acara tunangan ini. Snack
2 item yaitu puding dan kletikan pesan, lemper membuat sendiri. Sedangkan untuk
makan malam semuanya masak sendiri yaitu nasi dan opor ayam.
(FYI, pada acara tunangan kami
tidak ada MC dan tidak ada hiburan)
Nah jika di atas merupakan hal-hal pokok terkait acara, pada
bagian ini saya akan menjawab FAQ mengenai persiapan lain di luar acara
tersebut :
1. Baju
Karena ukuran tubuh saya, saya sering membuat baju
sendiri ke tukang jahit supaya lebih pas. Beberapa kali juga membuat baju
couple dengan Mas Ganang, termasuk baju yang saya pakai tunangan kemarin. Sebenarnya
ada 2 baju yang menjadi pilihan waktu itu, coklat tua dan dominasi batik putih,
baju satunya yang saya pakai di acara tunangan ini.
2. Dekorasi
Acara tunangan saya diadakan di ruang tamu, tanpa
dekorasi sama sekali bahkan hanya pakai tikar. Hehehe. Saya hanya membuat dekorasi
untuk foto menggunakan kain gorden putih milik Ibu saya. Kemudian lampu-lampu
yang di bawa fotografer.
3. Dokumentasi
Acara tunangan diabadikan teman SMP saya dari Pose
photo. Hanya foto saja, tanpa video.
4. Hand Bouquet
Saya pesan hand bouquet 1 hari sebelum acara di Sekar
Mulya Florist Kotabaru. Saya memilih sendiri bunga-bunganya, tentu saja fovorit
saya yaitu bunga matahari, lili putih dan mawar putih, sedangkan bunga lainnya
hanya pelengkap saja. Untuk warna bunga, kertas dan pita pembungkus saya
sesuaikan dengan baju dan nuansa dekorasi photobooth.
5. Make up
Karena tidak ahli dalam make up, saya memilih MW make
up by Mbak Magdalena Widie. Make up simpel yang agak pink-pink di wajah.
6. Tempat perhiasan
Satu hal yang menjadi perhatian dari acara tunangan saya
adalah tempat perhiasan yang unik, di buat sahabat saya Menikah Denganku. Tempatnya
berbahan rotan, ada tempat cincin dari kayu, tempat gelang dari kayu juga papan
tempat kalung bertuliskan nama kami. Hiasan lain seperti daun dan buah pinus
kering juga turut menghiasi. What a beautiful!
Sesederhana apapun acaramu tetap butuh perencanaan ya
teman-teman. Supaya berjalan lancar dan berkesan. Once in lifetime kan? :-D
Berikut saya share beberapa foto tunangan. Sengaja saya taruh di bawah supaya fokus baca cerita di atas. Hihihi
Foto mainstream pakai cincin |
1 komentar
Dear brides and grooms to be
ReplyDeleteSalam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.
BOOKING FEE RP.5000.000
For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
GIYANTI : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad
See u brides and grooms to be!